DaerahEkobisRagamUncategorized

Bantu Pemulihan Ekonomi, Polisi di Luwu Bina 48 Petani Cabai

42
×

Bantu Pemulihan Ekonomi, Polisi di Luwu Bina 48 Petani Cabai

Sebarkan artikel ini

Belopa, Smartnews – Ajun Inspektur Polisi Dua (Aipda) M Ibrahim, menghabiskan hampir separuh waktunya untuk membina kelompok tani. Kegiatan ini dilakukan anggota Polres Luwu itu sejak awal pandemi Covid-19.

Saat ini, ia membina sedikitnya 48 petani yang tersebar di 11 desa di Kabupaten Luwu. Pria yang akrab disapa Bora itu, mengajak para petani untuk menanam cabai.

Menurutnya, cabai merupakan jenis jangka pendek, sementara hasilnya dapat dinikmasti setiap bulan bahkan setiap pekan. Langkah ini juga dilakukan Bora, untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat ditengah pandemi.

“Jadi tanaman cabai ini prosesnya sangat mudah. Cukup menunggu beberapa bulan kita sudah panen. Panen berikutnya kita hanya menunggu beberapa pekan untuk menghasilkan uang demi kebutuhan masyarakat ditengah pandemi Covid-19,” jelasnya.

Bora menjelaskan, setiap petani cabai yang telah dibina rata-rata menanam lebih dari 1000 pohon cabai. Setiap panen hasilnya mencapai ratusan kilo.
Akhir tahun 2021 lalu, harga cabai mencapai Rp. 70 hingga Rp. 90 ribu per kilonya. Kondisi tersebut membuat ia dan kelompok yang dibina menuai hasil ekonomi yang cukup maksimal.

“Alhamdulillah dengan penuh ketekunan kami semua berhasil panen dengan harga pasar yang cukup tinggi. Hasilnya dapat memenuhi kebutuhan dapur bahkan lebih untuk kebutuhan sekolah anak-anak,” paparnya.

Salah satu petani, Yasri mengatakan, dirinya bersyukur telah diberikan kesadaran untuk bertani demi memulihkan perekonomian di masa Covid-19.

Awalnya, Yasri mengaku ragu untuk bertani cabai, namun dengan ada penjelasan dari Ibrahim dirinya bergabung untuk menjadi petani cabai. “Alhamdulillah pak. berkat ajakan dari bapak Polisi Ibrahim kita semua merasakan manfaatnya,” jelasnya.

Semangat dari Ibrahim untuk membantu masyarakat melakukan pemulihan ekonomi ini diapresiasi semua pihak.

Salah satunya Bupati Luwu Basmin Mattayang. Dalam waktu dekat Bupati Luwu dua periode ini akan mengunjungi kebun cabai milik Ibrahim yang mencapai 2.000 pohon ini.

Kabarnya, cabai milik Ibrahim dan beberapa kelompoknya juga akan dikunjungi oleh Plt Gubernur Sulawesi Selatan sebagai bentuk dukungan dan apresiasi telah membantu pemerintah dalam program pemulihan ekonomi di masa Pandemi Covid-19. (Key)