DaerahPemerintahan

Bupati Luwu Minta Kades dan Lurah Berfikir Inovatif

5
×

Bupati Luwu Minta Kades dan Lurah Berfikir Inovatif

Sebarkan artikel ini

Belopa, Smartnews – Bupati Luwu, Basmin Mattayang meminta seluruh Kepala Desa (Kades) dan Lurah untuk lebih berfikir inovatif dalam menjalankan roda pemerintahan di wilayah mereka masing-masing.

Hal tersebut dikatakan Basmin saat melauncing lomba inovasi daerah tingkat desa dan kelurahan Kabupaten Luwu, di aula Badan Perencanaan Pembangunan dan Litbang Daerah (Bappelitbangda) Luwu, Rabu 2 Maret 2022.

“Semoga terlahir inovasi yang kedepan bisa meningkatkan pola kehidupan masyarakat. Yang kita inginkan adalah anggaran yang ada dapat dikelola dengan baik dan dapat meninggalkan jejak untuk generasi masa akan datang,” katanya.

Ia memberikan contoh sederhana yang dapat dikembangkan baik kades maupun lurah untuk peningkatan hidup kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, masyarakat dapat diarahkan untuk mengolah lahan pekarangan rumah menjadi kebun halaman.

“Kita arahkan masyarakat untuk tanam, petik dan konsumsi, sehingga masyakat mendapatkan dua hal yakni halaman yang sehat dan peningkatan ekonomi,” jelas Bupati Luwu dua periode itu.

Sementara itu, Kepala Bappelitbangda, Achmad Awwabin mengatakan jika diperlukan langkah-langkah sistematis dan berkesinambungan diantaranya, dengan meningkatkan sistem inovasi daerah melalui kompetisi inovasi dengan memberikan penghargaan dan insentif bagi para inovator.

Adapun inovasi yang diperlombakan yakni semua kegiatan/produk yang mengandung unsur kebaruan dalam rangka meningkatkan kinerja/pelayanan publik, daya saing daerah, maupun penyelenggaraan pemerintahan.

Kategori inovasi yang diusulkan dalam lomba tersebut yakni diantaranya tata kelola pemerintah desa, peningkatan perekonomian masyarakat, industri kecil/rumah tangga, pelayanan publik, teknologi tepat guna, dan pemberdayaan masyarakat. (Rif)