DaerahPemerintahan

Bupati Luwu Serahkan LKPJ 2021 ke DPRD

1
×

Bupati Luwu Serahkan LKPJ 2021 ke DPRD

Sebarkan artikel ini

Belopa, Smartnews – Bupati Luwu, Basmin Mattayang menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) tahun anggaran 2021, kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu, Selasa 22 Maret 2022.

Penyampaian itu dilakukukan dalam rapat paripurna di ruang sidang paripurna DPRD Luwu.

Basmin mengawali sambutannya dengan menyampaikan ucapan terimah kasihnya kepada seluruh pihak, yang telah ikut berperan aktif dan menyumbang saran dalam penyelenggaraan program pemeritah tahun 2021.

“Tahun 2021 merupakan tahun ketiga masa jabatan saya sebagai bupati, sehingga melalui kesempatan ini saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama pimpinan dan anggota DPRD, Anggota Forkopimda, OPD dan instansi vertikal,” katantanya.

“Para tokoh agama, tokoh masyarakat, serta insan pers yang turut mendukung dalam penyelenggaraan pemerintahan sehingga berjalan dengan baik dan lancar,” sambung Basmin.

Basmin melaporkan, jika pada tahun 2021 lalu, kinerja yang meliputi pencapaian pendapat daerah sebesar Rp 1,374 triliun lebih, hasil ini masih dibawah target yang ditetapkan yakni, Rp 1,422 triliun lebih.

Ia menjelaskan, jima orientasi belanja daerah pada tahun 2021 lebih diprioritaskan untuk efektifitas pelaksanaan tuga pokok dan fungsi masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Peningkatan alokasi belanja yang direncanakan setiap pengguna anggaran harus diikuti dengan peningkatan kinerja pelayanan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelas Basmin.

Tidak hanya itu, Basmin juga menyebutkan jika pada tahun 2021 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu melaksanakan tugas pembantuan dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan, dengan total anggaran Rp 6,072 miliar lebih.

“Dengan rincian, urusan ketahanan pangan pada Dinas Ketahanan pangan sebesar Rp 1,072 miliar lebih dan urusan perdagangan pada Dinas Perdagangan dengan jumlah anggaran sebesar Rp 5 miliar lebih,” sebutnya.

Untuk anggaran pada Dinas Perdagangan kata Basmin, lebih difokuskan pada kegiatan revitalisasi pasar rakyat. “Sekali lagi ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pimpinan dan anggota DPRD atas segala masukan, saran dan koreksinya, semoga membawa berkah bagi masyarakat Kabupaten Luwu,” tutupnya. (*/Rif)