HeadlineKALTIM

Dorong Peningkatan Pariwisata, Anggota DPRD Kutim : Dapat Ciptakan Lapangan Kerja

1008
×

Dorong Peningkatan Pariwisata, Anggota DPRD Kutim : Dapat Ciptakan Lapangan Kerja

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD Kutim, Prayunita Utami.

KUTIM – Potensi pariwisata di Kabupaten Kutai Timur (Kutim) masih belum dipoles maksimal Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutim. Hal ini menurut Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutim, Prayunita Utami tak boleh didiamkan.

Dia mengatakan potensi pariwisata Kutim cukup menarik bagi para turis lokal dan mancanegara. Pasalnya, Kutim memiliki keindahan alam dan budaya yang luar biasa indah.

Untuk itu, Prayunita Utami berkomitmen untuk berupaya meningkatkan pariwisata di Kutim. Dia percaya Kutim bakal meningkatkan perekonomian masyarakat bila dikelola dengan baik.

“Salah satu keuntungan utama dari meningkatkan pariwisata itu ya dampak positifnya pada ekonomi lokal. Dengan meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung, tentu kita bisa ciptakan lapangan pekerjaan baru,” ucapnya, Rabu (3/7/2024).

“Juga bisa meningkatkan pendapatan bagi penduduk lokal. Ini bisa membantu mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas hidup bagi penduduk lokal kan,” sambungnya.

Baginya pariwisata tidak hanya menguntungkan dari segi perekonomian dan menyerap tenaga kerja. Tapi juga dapat membantu mempromosikan kekayaan budaya dan warisan lokal Kutim.

“Dengan menarik lebih banyak wisatawan, kita bisa perkenalkan mereka kekayaan budaya dan sejarah kita punya. Ini juga bisa bantu pertahankan dan promosi warisan lokal untuk generasi,” terangnya.

Hanya saja, ada beberapa tantangan yang harus diatasi untuk mencapai dan mengembangkan potensi pariwisata. Salah satunya, kata politisi Nasdem itu adalah kebutuhan untuk meningkatkan infrastruktur wisata, seperti akomodasi dan transportasi.

“Jadi harus ada kesadaran juga kan. Meskipun kita punya anggaran banyak, kalau kurang sadar, akan sulit juga. Tapi kalau ini dikelola dengan baik, tentu saja jadi peluang besar bagi kita ke depannya,” jelasnya.

Meski demikian, dia percaya Sektor pariwisata akan dapat meningkat dan menarik para pelancong datang ke Kutim. Tapi pembenahan harus terus dilakukan oleh Pemkab Kutim. (adv)