InternasionalNasionalPeristiwa

Invasi Rusia ke Ukraina Akan Berdampak Hingga ke Sulsel

4
×

Invasi Rusia ke Ukraina Akan Berdampak Hingga ke Sulsel

Sebarkan artikel ini
Indonesia juga akan merasakan dampak jika konflik antara Rusia dan Ukraina terus berlanjut. Dampak tersebut dirasakan dari sektor perdagangan maupun pariwisata.

Makassar, Smartnews – Indonesia juga akan merasakan dampak jika konflik antara Rusia dan Ukraina terus berlanjut. Dampak tersebut dirasakan dari sektor perdagangan maupun pariwisata.

Dampak perang dua negara ini juga dirasakan di Sulawesi Selatan (Sulsel). Pasalnya, dua negara tersebut merupakan patnert dagang Indonesia.

“Dampak bagi Sulsel sama seperti dampak umum ke Indonesia secara khusus. Perlu diingat bahwa Ukraina dan Rusia adalah parnert dagang dari Indonesia,” ucap Pengamat Hubungan Internasional Universitas Hasanuddin (Unhas) Agussalim Burhanuddin, seperti dikutip dari Detik.com, Jumat 25 Februari 2022.

Ia menjelaskan, sulsel punya hubungan dagang yang erat dengan kedua negara tersebut. Sehingga, jika konflik itu terus berlanjut maka lambat laun dampaknya akan mulai terasa.

Dampak itu bahkan diproyeksi akan meluas hingga ke beberapa sektor.

Berikut dampak nyata perang Rusia vs Ukraina yang bisa dirasakan di Sulsel;

1. Ekspor Komoditas Terhambat

Sulawesi Selatan (Sulsel) adalah salah satu daerah yang banyak berkontribusi terhadap ekspor komoditas dunia. Sedangkan target dagangnya juga termasuk di Rusia dan Ukraina, negara yang sedang berkonflik tersebut.

“Selain mungkin dengan fluktuasi moneter tidak tentu, tidak jelas, kemudian ekspor-impor perdagangan dunia terganggu, dan Sulsel sebagai eksportir bagian dari Indonesia di mana banyak komoditi dari Sulsel akan terdampak langsung,” ucap Agussalim.

Kondisi ini bisa saja semakin parah jika nantinya ada keterlibatan negara-negara barat dalam hal ini NATO. Jika demikian, dampak itu bisa menjadi nyata bagi Sulsel sebagai pengekspor komoditas.

“Kalau konflik itu berlangsung dan mengalami eskalasi maka perdagangan di Sulsel juga akan terdampak. Ekspor kita yang mungkin akan terganggu,” sebutnya.