HeadlinePeristiwa

Kurang dari 12 Jam, Sulbar Sudah Dua Kali Diguncang Gempa

8
×

Kurang dari 12 Jam, Sulbar Sudah Dua Kali Diguncang Gempa

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (Int)

Sulbar, Smartnews – Kurang dari 12 jam wilayah Sulawesi Barat (Sulbar) sudah dua kali diguncang gempa. Terbaru terjadi Rabu 8 Juni 2022, sekitar pukul 19:45 WIB.

Gempa dengan kekuatan 4,8 Magnitudo ini berpusat di 54 kilometer barat laut Mejene dengan kedalaman 5 Kilometer dan dirasakan di wilayah Majene dan Mamuju.

Sebelumnya, gempa juga menguncang wilayah tersebut sekitar 12:32 WIB. Pusat gempa ini berada di laut 43 kilometer Barat Daya Mamuju, dengan kekuatan 5,8 magnitudo.

Gempa dengan kedalaman 10 kilometer ini di rasakan di hampir seluruh wilayah Sulbar. Bahkan sejumlah wilayah di Sulawesi Selatan juga merasakan guncangan dari gempa ini.

Wilayah di Sulawesi Selatan yang ikut merasakan guncangan gempa Sulbar yakni, Kota Makassar, Pinrang, Palopo, Pangkep dan Masamba.

Selain itu gempa ini juga dirasakan di dua wilayah di Kalimantan yakni Kota Samarinda dan Paser.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan resminya mengatakan, jika gempa ini terjadi akibat adanya sesar yang aktif di lepas pantai Mamuju.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di lepas pantai Mamuju,” katanya seperti dikutip dari Detik.com.

Lebih jauh, dia menjelaskan jika hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip).