DaerahHeadline

Pemkot Palopo Susun Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

3
×

Pemkot Palopo Susun Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Sebarkan artikel ini
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo, Firmanza DP saat membuka Forum Discussion Group (FGD) Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2024-2028.

Palopo, Smartnews.co.id – Dalam upaya mendukung penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Nasional, Pemerintah Kota Palopo melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar “Forum Discussion Group (FGD) Penyusunan Arsitektur dan Peta Rencana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Tahun 2024-2028”.

Acara ini merupakan langkah strategis sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 dan Peraturan Presiden Nomor 132 Tahun 2022 tentang Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik.

FGD ini dibuka oleh Sekretaris Daerah, Firmanza DP yang mewakili Pj Wali Kota. Acara berlangsung di Ruang Pertemuan Ratona Lantai II Kantor Wali Kota Palopo, Selasa 28 November 2023.

Kepala Dinas Kominfo Kota Palopo, Hamsir Hamid menjelaskan bahwa arsitektur SPBE adalah kerangka dasar yang menggambarkan integrasi proses bisnis, data, dan informasi, infrastruktur SPBE, aplikasi SPBE, dan keamanan SPBE. Tujuannya adalah menghasilkan layanan SPBE yang terintegrasi.

“Penyusunan Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemerintah Kota Palopo untuk tahun 2024-2028 telah melalui tahapan yang terencana, dengan memastikan keterpaduan penerapan SPBE di tingkat instansi pusat, pemerintah daerah, dan nasional,” kata Hamsir Hamid.

Pj Wali Kota Palopo, melalui sambutan tertulis yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah, memberikan apresiasi kepada Diskominfo Kota Palopo atas konsistensi dan intensitas pelaksanaan kegiatan ini.

FGD ini bertujuan tidak hanya untuk mewujudkan keterpaduan layanan digital nasional, tetapi juga untuk mendukung tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel berbasis digital.