Poros Palopo-Toraja Kembali Bisa Dilalui, Pengendara Diminta Tetap Waspada

Satu unit ekskavator membersihkan material lumpur yang menutup badan jalan di kilometer 14, Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Kamis 11 November 2021.

Palopo, Smartnews – Jalan poros yang menghubungkan Kota Palopo dengan Kabupaten Toraja Utara kembali bisa dilalui, Kamis 11 November 2021. Sebelumnya, jalur poros ini tidak dapat lalui karena tertimbun material longsor.

“Kendaraan sudah bisa lewat,” kata Kepala Kecamatan Wara Barat, Kota Palopo, Beni Sumbung kepada smartnews.co.id, Jumat 12 November 2021.

Longsor yang terjadi di kilometer 14, Kelurahan Battang, Kecamatan Wara Barat ini disebabkan tingginya intensitas hujan yang mengguyur daerah ini dalam sepakan terakhir.

Walau telah dapat dilalui kendaraan roda dua dan roda empat, Beni mengimbau bagi masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Palopo menuju Toraja Utara dan sebaliknya, agar tetap waspada dan berhati-hati.

Pasalnya, air disertai lumpur masih terus mengalir dari atas pegunungan. Sehingga dalam selang satu atau dua jam, badan jalan akan kembali dipenuhi lumpur.

“Jika lumpur yang ada di atas badan jalan sudah cukup tinggi, maka akan dilakukan pembersihan oleh alat berat. Kondisi ini membuat pengendara harus antri,” katanya.

“Walaupun akses jalan sudah terbuka dan bisa dilalui, kami minta kepada masyarakat atau pengendara yang melintas di jalur Palopo-Torut agar tetap berhati-hati karena longsor dapat terjadi kapan saja,” pungkas Beni.(*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News