Rabu Besok! Kemenag RI Baru Tentukan Awal Ramadan

Ilustrasi. (Kompas)

Jakarta, Smartnews – Kementrian Agama (Kemenag) dijadwalkan akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadan 1444 Hijriah, di gedung Kemenag, Jakarta Pusat, Rabu 22 Maret 2023 besok.

Demikian dikatakan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Islam, Kamaruddin Amin, seperti dilansir dari Detik.com, Selasa 21 Maret 2023.

Dia mengungkapkan, pihaknya mengundang beberapa pihak dalam sidang isbat penentuan awal Ramadhan itu. “Mengundang perwakilan ormas dan juga MUI,” ujarnya.

Melansir situs Kanwil Kemenag DKI, Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan pelaksanaan sidang isbat awal Ramadan 2023 akan digelar secara hybrid. Gabungan antara daring (online) dan luring (offline).

“Rangkaian Sidang Isbat Awal Ramadan tahun ini masih digelar secara hybrid, atau gabungan antara daring dan luring,” kata Adib, di Jakarta, seperti dikutip situs Kanwil Kemenag DKI, Rabu (8/3/2023).

Lebih lanjut, Adib mengatakan bahwa pelaksanaan sidang isbat awal Ramadan akan digelar di gedung Kemenag RI dan dimulai pada pukul 17.000 WIB. Sidang isbat ini, Adib mengatakan, akan dilaksanakan terbuka untuk umum.

Berikut jadwal pelaksanaan sidang isbat awal Ramadan 2023:

Acara: Sidang Isbat Awal Ramadan 1444 H
Hari, Tanggal: Rabu, 22 Maret 2023
Waktu: pukul 17.00 WIB sampai selesai
Tempat: Gedung Kemenag RI, Jakarta Pusat

Tahapan Pelaksanaan Sidang Isbat Awal Ramadan 2023

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib turut menjelaskan terkait rangkaian pelaksanaan sidang isbat awal Ramadan 1444 H. Sidang isbat ini, kata Adib, akan dibagi dalam tiga tahap.

Tahap ang pertama adalah seminar pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1444 H berdasarkan hasil hisab atau perhitungan astronomi. Pemaparan dilakukan Tim Hisab Rukyat Kemenag mulai pukul 17.00 WIB dan terbuka untuk umum.

“Sesi seminar yang terbuka untuk umum inilah yang digelar secara hybrid karena kapasitas ruangan yang terbatas,” ujar Adib seperti dikutip situs Kanwil Kemenag DKI.

Tahap yang kedua, Adib melanjutkan, yaitu pelaksanaan Sidang Isbat Penetapan Awal Ramadan 1444 H. “Sesi ini akan dilaksanakan secara luring setelah Salat Magrib dan tertutup untuk umum,” ujarnya.

Dan tahap yang ketiga adalah pelaksanaan telekonferensi pers hasi sidang isbat Ramadan 2023. “Sesi terakhir adalah telekonferensi pers hasil sidang isbat yang akan disiarkan secara langsung oleh TVRI dan media lainnya,” pungkas Adib. (*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News