Terkendala Finansial, Gaspa dan Palopo United Mundur dari Liga 3

Palopo, Smartnews – Gaspa 1958 dan Palopo United dipastikan tidak akan berlaga di Liga 3 Zona Sulawesi Selatan. Dua tim kebanggaan masyarakat Kota Palopo ini, memilih mundur lantaran terkendala finansial.

Hal tersebut dikatakan Ketua Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Palopo, dr Abdul Syukur, kepada awak media beberapa waktu lalu.

Dia menyebutkan, selain tidak adanya anggaran dari Cabang Olahraga (Cabor) dan donatur klub, alasan lain dua klub tersebut tidak mengikuti Liga 3 lantaran tidak ada yang bersedia menjadi manager klub. “Tidak ada yang ikut Liga 3 Sulsel,” katanya.

Hal senada disampaikan Humas PSSI Palopo, Iccank. Ia menjelaskan, jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk satu tim berangkat Liga 3 Sulsel, paling sedikit Rp 50 juta.

“Itu angka paling rendahnya. Itu untuk biaya operasional dan honor pemain serta honor pelatih,” katanya.

Iccank menambahkan, saat ini PSSI Kota Palopo tengah fokus melakukan pembinaan pemain usia muda serta Piala Soeratin U-15. “Saat ini, fokus di pembinaan pemain muda dan Piala Soeratin U-15,” jelasnya.

“Insya Allah tahun depan kalau kita punya dana, dua tim kebanggaan kita akan kembali kembali berlaga di Liga 3,” pungkasnya.

Sekedar informasi, putaran pertama Liga 3 Zona Sulawesi Selatan akan mulai dihelat 11 November 2021 mendatang. Tahun ini, sebanyak 15 Tim akan berebut untuk menjadi juara.

Pernah Wakili Sulsel

Dua tim kebanggaan masyarakat Kota Palopo, Gaspa 1958 dan Palopo United, resmi mengundurkan diri dari Liga 3.

Kedua tim ini, sama-sama pernah pernah menjadi wakil Sulawesi Selatan (Sulsel) di Liga 3 Zona Sulawesi.

Palopo United mewakili Sulsel usai menjadi juara pertama Liga 3 Zona Sulsel tahun 2018 silam. Dipartai puncak Palopo United menundukkan Persibone dalam dengan skor 3-1.

Langkah Palopo United untuk menembus Liga 3 Nasional kandas dalam babak playoff. Kala itu, mereka ditundukkan Persemin Minahasa.

Nasib berbeda diraih tim Gaspa 1985 yang juga ikut dalam Liga 3 Tahun 2019. Tidak hanya berhasil mejadi wakil Sulsel di Liga 3 Zona Sulawesi, Gaspa bahkan mampu menembus Liga 3 Nasional. (*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News