Jelang Ramadan, Harga Daging Ayam di Palopo Naik

Palopo, Smartnews – Jelang bulan suci ramadan, harga daging ayam broiler di Kota Palopo, mulai mengalami kenaikan. Seperti yang terjadi di Pusat Niaga Palopo (PNP).

Harga daging ayam yang awalnya berada pada kisaran Rp 25 ribu perkilogramnya, kini menjadi Rp 30 ribu hingga Rp 35 ribu perkilogramnya.

Untuk ayam dengan ukuran 2 kilogram, dijual dengan atau Rp 60 hingga Rp 65 per ekornya dari harga Rp 50 ribu per ekornya.

Demikian dikatakan salah seorang pedagang daging ayam, Nasriani, di PNP Kota Palopo, Kamis 31 Maret 2022.

“Kalau ayam ukuran 2 kilo itu, sekarang Rp 60 ribu per ekor, ada juga yang Rp 65 ribu, tergantung ukuran besar ayamnya,” katanya.

Dia menjelaskan, jika kenaikan harga itu terjadi sejak tiga hari terkahir. Hal ini disebabkan, meningkatnya permintaan menjelang ramadan.

Sementara untuk harga daging sapi saat ini terpantau normal, yakni masih di angka Rp 125 ribu per kilogram. “Harga daging Rp 125 ribu perkilo. Kalau ini sudah lama tidak mengalami kenaikan,” kata pedagang.

Pada komoditi lain, seperti cabe rawit mengalami kenaikan harga cukup signifikan. Dari harga sebelumnya Rp 40 ribu, menjadi Rp 65 ribu sampai Rp 70 ribu per kilogram.

“Ada yang Rp 65 ribu per kilo, ada yang Rp 70 ribu untuk cabe rawit tanpa tangkai,” kata Damma pedagang cabe di PNP.

Sedangkan cabe rawit dengan tangkai, Rp 40 ribu perkilogram. Sementara komoditi bawang merah dan bawang putih tidak mengalami kenaikan. Saat ini stabil di harga Rp 35 ribu perkilogram. (*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News