Ragam  

Banyak yang Awam, Ini Fungsi Pelat Nomor di Kunci Motor

Smartnews – Mungkin anda pernah melihat adanya sebuah pelat kecil yang berisi angka pada anak kunci motor, kira-kira untuk apa ya?.

Biasanya ketika membeli motor baru, pemilik akan mendapatkan dua buah kunci dan juga terdapat plat kecil yang terdapat pada kunci tersebut.

Plat tersebut umumnya memiliki kode beberapa digit angka pada permukaannya, tetapi kode tersebut ada juga yang terdapat di bagian kuncinya itu sendiri.

“Sebenarnya fungsi pelat tersebut adalah untuk mendapatkan unit kunci baru jika terjadi kehilangan. Selain itu, berfungsi untuk registrasi nomor di divisi distribusi”, kata Kukuh Aristiawan, Kepala Mekanik Big Wing Astra Motor BSD, Tangerang, dikutip dari GridOto.com, Kamis 3 Pebruari 2022.

Jika terjadi kehilangan kunci, pelat tersebut dapat berguna sebagai kode registrasi untuk mendapatkan unit kunci baru, tetapi tetap dengan rumah kunci yang lama.

Proses ini sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan dengan mengganti kunci set baru, meskipun dengan harga yang sedikit agak mahal.

“Iya mungkin kode angka itu bisa untuk membuat kunci yang baru jika hilang, tetapi tentu prosesnya lebih lama. Umumnya konsumen memilih langsung mengganti keseluruhan set kuncinya agar lebih cepat,” kata Ribut Wahyudi, Kepala Mekanik Honda Bintang Motor di kawasan Cinere, Depok.

Itu semua tentu kembali lagi tergantung pada permintaan konsumen sendiri. Jadi, Anda lebih pilih cara yang mana ketika kehilangan kunci?

Ikuti juga kami di Google News Smart News