DaerahPeristiwaRagamUncategorized

BPBD Luwu Utara Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

7
×

BPBD Luwu Utara Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Buruk

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (INT)

Masamba, Smartnews – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Kalaksa BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Muslim Muchtar, mengimbau masyarakat untuk tetap waspada.

Mengingat saat ini Badan Meteorogi, Klimalogi dan Geofisika (BMKG) Wilayah lV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan dengan intensitas tinggi untuk tiga hari di wilayah Sulsel.

“Diharapkan masyarakat tetap waspada dengan tetap memperhatikan info kondisi cuaca yang dikeluarkan oleh BMKG ini, dalam rangka mengurangi resiko bencana,” katanya, Selasa 8 Januari 2022.

Sekedar inforasi, BMKG Wilayah lV Makassar mengeluarkan peringatan dini cuaca hujan dengan intensitas tinggi untuk tiga hari kedepan di wilayah Sulsel.

Cuasa ekstrim ini terjadi pada Selasa-Kamis, 18-20 Januari 2022. Wilayah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Kab/Kota Parepare, Soppeng, Barru, Pangkajene dan Kepulauan, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Kepulauan Selayar.

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha menjelaskan, berdasarkan hasil analisis dinamika atmosfer, terpantau adanya pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah Sulawesi Selatan.

Sehingga dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup tinggi. Baca juga: Mengintip Prakiraan BMKG, Ini Cuaca di Makassar dan Kota Besar Indonesia Hari Ini

“Berdasarkan hasil analisis perkembangan musim hujan hingga Dasarian I Januari 2022 menunjukkan bahwa 75,0 % zona musim di Sulawesi Selatan sudah memasuki musim hujan,” ujarnya, Senin, 17 Januari 2022.

7 Kabupaten diprediksi bakal diguyur hujan sedang hingga lebat

Kemudian, hujan dengan intensitas sedang hingga lebat berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Luwu Utara, Sidenreng Rappang, Pinrang, Bone, Sinjai, Bulukumba, dan Bantaeng.

Serta potensi angin kencang di pesisir barat, selatan, dan timur Sulawesi Selatan. Gelombang dengan ketinggian Moderate Sea (Gel. 1.25-2.5 m) juga akan terjadi di Perairan Spermonde Pangkep bagian barat.