Diabetes dan Asam Urat Bisa Sebabkan Kerusakan Ginjal

Smartnews – Ginjal memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu membersihkan darah, menghilangkan kelebihan cairan, dan masih banyak lagi. Namun, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan ginjal mengalami gangguan sehingga tidak bisa menjalankan fungsinya.

Salah satu faktor yang memicu terjadinya kerusakan ginjal adalah diabetes. Mengapa demikian? Melansir viva.co.id, spesialis urologi, Prof dr Harrina Erlianti Rahardjo, menjelaskan, diabetes melitus diketahui dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Hal ini bisa berdampak pada ginjal.

“Dengan diabetes melitus kadar gula dalam darah selalu tinggi jika tidak terkontrol sehingga lama-lama pembuluh darah di seluruh badannya akan terkena efeknya salah satunya pembuluh darah yang ke ginjal. Sehingga lama-lama ginjalnya akan mengalami kerusakan,” kata dia.

Tidak hanya diabetes, tekanan darah yang meningkat dalam waktu yang lama juga dapat memicu terjadinya kerusakan pada ginjal. Hal ini lantaran, pembuluh darah yang cenderung menyempit yang menyebabkan alirah darah ke ginjal terganggu.

“Karena saat tensi tinggi, pembuluh darah cenderung menyempit, lalu pembuluh darah yang kecil-kecil di ginjal menyempit yang menyebabkan aliran darah ke ginjal terganggu dan akhirnya fungsi ginjal terganggu juga dan sering pada pasien darah tinggi bersamaan dengan diabetes. Jadi merupakan satu kombinasi,” jelas dia.

Di sisi lain, Harrina juga menjelaskan jika seseorang mengalami darah tinggi bisa menyebabkan komplikasi ke ginjal dan diabetes ataupun sebaliknya kerusakan ginjal menyebabkan komplikasi ke diabetes dan darah tinggi.

“Bisa sebabkan komplikasi atau terjadi bersamaan ada dua faktor risiko yang terjadi dalam satu tubuh, sering sekali diabetes, darah tinggi kolesterol tinggi, kebiasaan aktivitas kurang, diet kurang, itu bisa membahayakan pembuluh darah kita yang mempengaruhi ginjal. Ginjal itu salah satu fungsinya meregulasi tekanan darah, kalau ada kelainan di ginjal kemudian bisa menyebabkan tensi menjadi tinggi juga,” kata dia.

Selain itu, asam urat juga diketahui dapat memicu kerusakan pada ginjal.

“Asam urat ini mampu atau bisa batu di saluran kemih jenisnya asam urat selain itu asam urat bisa membuat kristal-kristal kecil di ginjal yang akhirnya mengganggu fungsi ginjal. asam urat bisa sebabkan batu ginjal, kalau batunya dikeluarkan kemudian kita periksa dan asam urat bisa ketahuan,” kata dia.(*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News