DaerahPeristiwa

Empat Hari Teredam Banjir, Ribuan Warga Luwu Utara Belum Terima Bantuan

5
×

Empat Hari Teredam Banjir, Ribuan Warga Luwu Utara Belum Terima Bantuan

Sebarkan artikel ini

Masamba, Smartnews – Ribuan rumah warga di empat kecamatan di Kabupaten Luwu Utara, sejak empat hari terakhir terendam banjir dengan ketinggian bervariasi dari enam puluh senti hingga mencapai satu meter.

Empat kecamatan yang terendam yakni, Kecamatan Baebunta, Baebunta selatan, Malangke serta Malangke Barat.

Sebagian warga yang rumahnya masih terendam terpaksa mengungsi ketempat yang lebih aman, sementara warga lainnya memilih bertahan untuk menyelamatkan harta bendanya.

Banjir terparah terjadi di empat desa yang ada di Kecamatan Malangke Barat yakni, Desa Wailawi, Cenning, Wara serta Desa Limbong Wara. Ketinggian air di daerah tersebut, rata-rata mencapai satu meter.

Sehingga sebagian warga terpaksa meninggalkan rumahnya untuk mengungsi ke desa tetangga.

Hingga saat ini, korban banjir akibat luapan sungai rongkong tersebut, mengaku belum mendapatkan bantuan logistik dari pemerintah setempat.

Salah seorang warga Desa Wailawi, Kecamatan Malangke Barat, aswar, mengatakan mereka terpaksa bertahan di rumah dengan kondisi ketinggian air mencapai satu meter.

“Kami terpaksa bertahan untuk menyelamatkan harta benda yang masih tersisa oleh banjir, sampai saat ini kami belum mendapatkan bantuan logistik dari perintah,” katanya.

Selain merendam permukiman padat penduduk, banjir akibat luapan sungai rongkong ini, juga merendam akses jalan antar desa, fasilitas umum serta rumah ibadah. Untuk melakukan aktivitas di luar rumah warga harus menggunakan perahu. (*/Tad)