Lifestyle

Fotografer Asal Takalar Juara Sinaji Foto Competition

6
×

Fotografer Asal Takalar Juara Sinaji Foto Competition

Sebarkan artikel ini

Belopa, Smartnews – Panitia Sinaji Foto Competition akhirnya mengumumkan pemenang pada kegiatan tersebut, Senin 11 Oktober 2021. Selain uang tunai, peserta juga mendapat tropy.

Berdasarkan penilain dewan juri, keluar sebagai juara pertama pada kegiatan yang digelar tanggal 1 hingga 2 Oktober 2021 ini yaitu, Darmawan Ilham Kartika. Fotografer asal Kabupaten Takalar ini dihadiahi uang tunai Rp 5 juta.

Juara kedua dan ketiga diborong fotografer asal Kota Makassar, Muhammad Jufri dan A Fahri Fatta. Keduanya tergabung dalam Persatuan Fotografer Makassar (Performa). Juara dua dan tiga masing-masing mendapatkan hadiah uang tunai Rp 3 juta dan Rp 2 juta. Sementara juata Favorit diraih Muhammad Syafei dan berhak mendapatkan Rp 1 juta.

Muhammad Nursaleh, Panitia Sinaji Foto Competition mengatakan, hasil lomba seluruhnya ditentukan oleh dewan juri yang berasal dari Kota Makassar. “Kami (panitia) hanya sebatas penyelenggara, yang menentukan peserta yang lolos 16 besar, sembilan besar, enam besar, hingga tiga besar adalah dewan juri,” kata Ale, sapaan akrab Muhammad Nursaleh.

Sekadar diketahui, tanggal 1 hingga 2 Oktober 2021 lalu, Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu menggelar lomba foto bertajuk Sinaji Foto Competition.

Ketua MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Luwu, Muhammad Ahkam Basmin mengatakan, lomba Sinaji Foto Competition merupakan sarana memperkenalkan wisata alam di Kabupaten Luwu, khususnya keindahan alam Gunung Sinaji.

Lomba ini diikuti puluhan fotografer asal Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Kabupaten Takalar, dan Kota Makassar .

Gunung Sinaji yang lebih dikenal penduduk setempat dengan Buntu Sinaji merupakan puncak paling utara Pegunungan Latimojong.

Puncak Sinaji memiliki ketinggian 2.427 MDPL atau 7.963 kaki merupakan puncak Pegunungan Latimojong yang paling sering didaki sebagai tujuan utama (non lintas) setelah puncak Rantemario.

Secara administratif, Gunung Sinaji berada di tiga daerah yaitu, Kabupaten Tana Toraja, Luwu, dan Kabupaten Enrekang.

Walau memiliki keindahan alam yang menakjubkan, belum banyak warga yang mengeksplor gunung tersebut. Selain karena jalur yang masih sulit, juga karena kurangnya promosi terkait keindahan alam gunung tersebut.

Menurut rencana, Panitia Sinaji Competiton rencananya akan kembali menggelar serupa pada Pebruari 2022 mendatang, bertepatan dengan Hari Jadi Belopa sebagai Ibukota Kabupaten Luwu.

Berikut foto-foto Sinaji Foto Competition berdasarkan urutan juara :