DaerahPemerintahan

Indah Harap Pasar Rakyat Ammassangan Hidupkan Ekonomi Lokal

5
×

Indah Harap Pasar Rakyat Ammassangan Hidupkan Ekonomi Lokal

Sebarkan artikel ini
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani didampingi Kepala DP2KUKM, Muhammad Kasrum meninjau lods usai meresmikan Pasar Rakyat Ammassangan. (Dok. Kominfo Luwu Utara)

Masamba, Smartnews – Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani berharap, pasar rakyat Ammassangan, Kecamatan Malangke Barat, Kabupaten Luwu Utara, dapat menghidupkan ekonomi masyarakat lokal, khususnya di Kecamatan Malangke Barat.

Hal itu dikatakan Indah, saat meresmikan pasar tersebut, Jumat 1 April 2022. Dia menyebutkan, pembangunan pasar pertama di wilayah tersebut menggunakan anggaran Dana Tugas Pembantuan (DTP) dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia tahun anggaran 2021.

Pasar Ammasangan menelan anggaran sebesar Rp 3,6 miliar. Pasar ini memiliki sebanyak 9 unit kios dan 98 lods.

“Tujuan dari pembangunan dan revitalisasi pasar rakyat adalah upaya pemerintah dalam mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi serta memperkecil ketimpangan antara pasar modern dan pasar rakyat. Kita patut bersyukur sebab ini merupakan pasar rakyat pertama yang dibangun di Malangke dan Malangke Barat melalui dana tugas perbantuan APBN,” kata Indah Putri Indriani.

“Yang juga patut kita syukuri adalah gairah masyarakat untuk kembali bangkit setelah dilanda pandemi sejak 2 tahun yang lalu, kalau ekonomi membaik tentu banyak hal yang bisa kita lakukan,” sambungnya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika pasar memiliki fungsi strategis tidak hanya terbatas dari aspek ekonomi tetapi juga dari aspek sosial dan budaya.

“Bahkan pasar memberikan kontribusi terhadap ketahanan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat, penciptaan lapangan kerja, dan pemberdayaan usaha mikro dan kecil serta indikator kestabilan harga,” jelasnya.

“Selain itu pasar juga dapat menampung hasil komoditas pertanian, olahan rumahan, dan jajanan pasar. Tentu diharap dapat memprioritaskan hasil-hadil pangan di Kecamatan Malangke Barat,” pinta bupati perempuan pertama di Sulawesi Selatan ini.

Ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan sarana pasar rakyat dengan baik sehingga sasarannya tepat yakni menghidupkan ekonomi lokal yang berujung pada kesejahteraan masyarakat.

Pada peresmian yang dihadiri Pimpinan Cabang BRI Masamba Erika Nurharianto, Pimpinan Cabang BNI Cabang Palopo Sudirman, Pimpinan SKPD Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Luwu Utara, Camat Malangke Barat, Camat Malangke, dan Asisten Ekonomi Pembangunan itu juga dilakukan penyerahan Qris, penyerahan Dana KUR, dan penyerahan Agen 46. (Rn/Key)