Kemenhub Siapkan Kuota Mudik Lebaran 2022 Gratis , Ini Syaratnya

Sejumlah warga yang akan bepergian melintas di Terminal Bus Pakupatan, Serang, Banten, Minggu (20/12/2020). Meski pemerintah mengimbau warga tidak bepergian selama libur panjang Natal dan Tahun Baru di masa pandemi ini namun jumlah calon penumpang bus di terminal itu mengalami lonjakan sekitar 30 persen dan diprediksi puncaknya akan terjadi tanggal 24 Desember mendatang. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.

Jakarta, Smartnews – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan menyiapkan kuota mudik gratis lebaran 2022 kepada 10.500 penumpang, dengan 14 kota tujuan.

Pendaftaran mudik gratis lebaran ini, akan dibuka dalam waktu dekat.

Dilansir dari Bisnis.com, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan telah menyiapkan 350 unit bus untuk mengangkut penumpang mudik gratis, baik untuk arus mudik dan balik.

“Pendaftaran mulai minggu depan, dan tujuannya hanya ke Jawa Barat dan Jawa Tengah,” terang Budi.

Dia menyampaikan bahwa pengadaan mudik gratis bertujuan untuk meminimalisasi penggunaan sepeda motor untuk transportasi mudik. Dari 350 unit bus yang akan disediakan, 270 bus akan dioperasikan untuk angkutan mudik bagi 8.100 penumpang.

Sementara itu, sebanyak 80 bus akan dikerahkan untuk 2.400 penumpang pada arus balik. Di samping itu, pemerintah juga menyediakan sebanyak 34 unit truk untuk mengangkut 1.020 sepeda motor yang dimiliki oleh penumpang mudik gratis.

Kemenhub mengumumkan saat ini tujuan keberangkatan bus mudik gratis dijadwalkan pada 28 April 2022.

Sementara itu, untuk keberangkatan arus balik disiapkan bus dari lima kota yakni Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Untuk menampung motor yang akan dibawa pemudik, Kemenhub juga telah menyiapkan sebanyak 34 unit truk yang akan diberangkatkan menuju Purwokerto, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Wonogiri.

Ikuti juga kami di Google News Smart News