Legislator Partai Nasdem Rakhmat Kasjim Silaturrahmi dengan Ketua RT/RW di Palopo

PALOPO – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan, Rakhmat Kasjim, bersilaturrahmi dengan ketua RT/RW di Kecamatan Wara, Senin 20 September 2021.

Silaturrahmi ini dirangkaikan dengan sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Sulawesi Selatan.

Sosialisasi ini, menghadirkan pengamat Ekonomi dan Kebijakan Publik, Aprianto Nurdin sebagai narasumber.

Reses legislator Partai Nasdem ini sekaitan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan melakukan revisi RPJMD No 1 tahun 2019 dengan RPJMD terbaru No 1 tahun 2021. Hal ini sekaitan dengan pandemi Covid yang mengharuskan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan merevisi kebijakan pembangunan dan kemampuan keuangan daerah untuk belanja program.

Revisi ini diharapkan bisa menjawab berbagai permasalahan ekonomi sosial seperti pengangguran, kemiskinan dan pengembangan kawasan ekonomi terpadu di 24 kabupaten di Sulawesi Selatan.

“Perhatian pemerintah selama pandemi sudah cukup baik. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya program-program bantuan yang diberikan kepada masyarakat,” kata Apri.

Tetapi, kata Apri, bantuan-bantuan yang diberikan pemerintah ini sifatnya masih pada penanganan jangka pendek. Sementara untuk pemulihan ekonomi jangka panjang belum begitu maksimal.

Sementara, mengungkapkan akan mengupayakan bantuan bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Palopo, yang selama ini belum menerima bantuan sama sekali.

Terlebih lagi katanya, pandemi Covid-19 ini memiliki dampak yang cukup besar bagi para pelaku UMKM di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Kota Palopo.

Menurutnya Keberadaan UMKM, sangat berarti dalam meningkatkan perekonomian daaerah. “Keberadaan UMKM ini, sangat berarti dalam meningkatkan perekonomian,” katanya.

“Untuk bantuan UMKM ini, nanti saya cari dulu bagaimana polanya, mudah-mudahan bantuannya bisa masuk di Palopo,” tambah legislator Nasdem itu, saat menanggapi pertanyaan dari salah seorang warga. (*/Tad)

Ikuti juga kami di Google News Smart News