DaerahEkobis

Masmindo Gelar Pekan Lingkungan Hidup

3
×

Masmindo Gelar Pekan Lingkungan Hidup

Sebarkan artikel ini
PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) memulai rangkaian kegiatan Pekan Lingkungan Hidup Masmindo.

Belopa, Smartnews – Dalam rangka Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia yang jatuh setiap tanggal 5 Juni 2022, PT Masmindo Dwi Area (Masmindo) memulai rangkaian kegiatan Pekan Lingkungan Hidup Masmindo.

Kegiatan itu ditandai dengan dilanjutkannya penanaman mangrove di area Pelabuhan Taddette, Minggu 5 Juni 2022.

Acara dihadiri Camat Belopa Makkawaru, Kapolsek Belopa Iptu Marino, Danramil Belopa Kapten Czi Syarifuddin, Kepala Teknik Tambang (KTT) & Site Manager Masmindo Mustafa Ibrahim, anggota Polsek dan Koramil Belopa, Karang Taruna dan warga masyarakat Desa Senga Selatan, Komunitas Pecinta Mangrove Luwu (KPA), serta sejumlah karyawan Masmindo.

Acara Penanaman Mangrove ini diawali dengan Gerakan Kebersihan di rencana area penanaman yang dilakukan oleh semua partisipan.

Sejumlah sampah anorganik (plastik, dll) berhasil dikumpulkan bersama oleh lebih dari 70 peserta. Dalam acara penanaman, Masmindo bersama-sama pejabat dan warga setempat beserta para anggota KPA berhasil melakukan penanaman dengan target 534 pohon.

Keseluruhan tanaman ini berasal dari tempat pembibitan mangrove yang dikembangkan dan dikelola KPA di Desa Senga Selatan.

Selain penanaman mangrove sebagai upaya pelestarian pesisir, sejumlah kegiatan juga dilakukan Masmindo selama Pekan Lingkungan Hidup Masmindo yang direncanakan berlangsung 5-12 Juni 2022 ini.

Kegiatan-kegiatan lingkungan lainnya yakni Apel Lingkungan dan Gerakan Kebersihan oleh karyawan dan kontraktor Masmindo di areal Camp dan Kantor Belopa.

Lomba Foto Lingkungan, quiz/games tentang lingkungan, Podcast Lingkungan bersama KPA dan sejumlah pihak lainnya, serta pembagian bibit gratis ke empat desa sekitar tambang yang terdiri atas tanaman suren dan tanaman buah-buahan.

Kepala Teknik Tambang (KTT) dan Site Manager Masmindo, Mustafa Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan, jika kegiatan itu merupakan inisiatof pihaknya dalam memperingati Hari Lingkungan Hidup.

“Inisiatif kami dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia ini adalah bentuk komitmen Masmindo yang ingin menerapkan kaidah pertambangan yang baik dalam operasinya,” katanya.

“Kami berharap semangat pelestarian lingkungan ini bisa disambut positif dan terus dilanjutkan bersama-sama pihak terkait, terutama warga masyarakat sekitar,” harapnya.

Sejumlah tanggal penting terkait lingkungan selalu diperingati secara meriah di Masmindo. Pada 21 Maret 2022 lalu Masmindo bersama pihak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Luwu telah mencanangkan “Gerakan Sejuta Pohon”, bertepatan dengan Hari Hutan Internasional dan Hari Air Sedunia.

Lebih dari 15.000 bibit saat itu didistribusikan sebagai langkah awal. Inisiatif lingkungan ini kemudian dilanjutkan dengan dimulainya kegiatan penanaman mangrove yang secara simbolis dilakukan Bupati Luwu dan Direktur Utama Masmindo pada 22 April 2022, bertepatan dengan Hari Bumi 22 April. (*)