HeadlineKALTIM

Minta DLH Edukasi Masyarakat Soal Sampah, Wakil Ketua DPRD Kutai Timur : Jaga Kesehatan, Jangan Buang Sembarangan

420
×

Minta DLH Edukasi Masyarakat Soal Sampah, Wakil Ketua DPRD Kutai Timur : Jaga Kesehatan, Jangan Buang Sembarangan

Sebarkan artikel ini
Wakil Ketua DPRD Kutai Timur, Arfan.

KUTIM – Banyak faktor untuk menjaga tubuh tetap sehat. Selain berolahraga dan terapkan pola hidup sehat, menjaga kebersihan juga turut mempengaruhi kesehatan masyarakat.

Hal ini disadari Wakil Ketua DPRD Kutai Timur (Kutim), Arfan. Untuk itu, dia ingin menyadarkan masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan demi kesehatan.

Untuk menjaga kesehatan masyarakat dengan tidak membuang sampah sembarangan, Arfan meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kutim untuk menyusun program mengedukasi masyarakat.

“Bantu masyarakat untuk hidup sehat. Jadi bukan cuma olahraga saja membuat sehat, tapi juga soal penanganan sampah yang baik juga,” kata Arfan.

Arfan menjelaskan, mengedukasi masyarakat membuang sampah pada tempatnya juga merupakan upaya dalam menjaga kesehatan.

Tidak perlu mengeluarkan anggaran besar kata Arfan, untuk menyadarkan masyarakat. Dia mencontohkan cukup dengan sosialisasi langsung atau melalui media lain.

“Medianya bisa melalui sosialisasi atau beragam cara. Mengedukasi masyarakat membuang sampah pada tempatnya juga merupakan upaya menjaga kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Dia juga menekankan, banyak manfaat yang didapatkan masyarakat bila telah terbiasa membuang sampah pada tempatnya.

“Kebiasaan ini harus dibiasakan. Ingat, menjaga kesehatan salah satu faktornya adalah membuang sampah pada tempatnya,” tuturnya.

Tak hanya itu, Politisi Nasdem mengapresiasi upaya DLH Kutim dalam memindahkan TPA. Menurutnya, langkah itu merupakan solusi dalam menangani persoalan sampah selama ini.

“Dengan pemindahan TPA itu, kami harap persoalan sampah bisa teratasi. Selain itu, bisa membantu Kutai Timur dalam meraih Adipura,” tuturnya.

Arfan juga menyinggung soal alat angkut sampah. Dia mengatakan pihaknya akan berupaya membantu DLH dalam mendapatkan alat angkut sampah, hingga memudahkan kerja mereka.

“Saya kira tidak ada alasan kami tidak membantu DLH. Mengenai alat angkut, kami akan bantu untuk dianggarkan agar tak ada lagi keluhan masyarakat mengenai sampah,” ungkapnya.

Dia juga berharap, masyarakat sadar dengan keberhasilan, minimal tidak membuang sampah di sembarang tempat.

“Mari kita jaga kebersihan Kabupaten Kutai Timur ini bersama-sama. Sebab, jika semua dibebankan kepada DLH, pasti tidak akan tercapai keberhasilan itu. Minimal tidak membuang sampah di sembarang tempat,” katanya.

“Marilah kita sadar akan kebersihan. Jadi ini tugas kita semua, bukan cuma DLH saja. Mulai dari yang kecil-kecil dulu, seperti membuang sampah pada tempatnya,” tandasnya. (adv)