DaerahEkobis

Minyak Goreng Langka, Nusantara Riset: Pemkot dan DPRD Harus Lakukan Langkah Taktis

3
×

Minyak Goreng Langka, Nusantara Riset: Pemkot dan DPRD Harus Lakukan Langkah Taktis

Sebarkan artikel ini
Direktur Nusantara Riset, Aprianto Nurdin

Palopo, Smartnews – Direktur Nusantara Riset, Aprianto Nurdin mengungkapkan, jika pemerintah harus lebih serius dalam menghadapi kelangkaan minyak goreng.

Menurutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) harus cepat melakukan langkah taktis untuk menangani persoalan tersebut.

Langkah taktis yang dimaksud kata Apri yakni, dengan melakukan penelusuran secara maksimal terkait distribusi pasokan minyak goreng di Kota Palopo. Terlebih lagi, ramadan kian dekat.

“Harusnya, pemerintah lebih serius melihat persoalan-persoalan yang ada. Sebab, ini menyangkut kepentingan orang banyak,” katanya kepada awak media, Rabu 9 Maret 2022.

“Jadi dalam persoalan ini, sudah sepatutnya Dinas Perdagangan (Disdag) dan DPRD melakukan langkah taktis untuk menelusurinya,” tambah Apri.

Ia menerangkan, langkah taktis yang baik untuk dilakukan secepatnya adalah mengumpulkan seluruh distributor resmi minyak goreng, kemudian meminta mereka membuka data pasokan yang diterima saat sekarang dan saat masih normal.

“Jika terjadi perbedaan, tentu akan kelihatan jika unit produksi yang bermasalah. Namun, jika data pasok normal, tentu ada permainan besar di dalamnya,” ucapnya.

Setelah itu, ketika terjadi pasokan normal di tingkat distributor, perlu dilihat juga penyalurannya ke agen. Kemudian ke tingkat pengecer, apakah betul sampai atau tidak dengan dibuktikan tanda terima.