November, Sirkuit Mandalika Gelar Balap Super Bike

LOMBOK – Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, dijadwalkan menggelar balap motor World Superbike (WSBK) pada November 2021 mendatang.

Hal itu dikatakan Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Indonesia, Airlangga Hartarto, lewat kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (20/9/2021).

Dia mengungkapkan, saat ini pemerintah tengah mendorong vaksinasi diwilayah tersebut.

“Akan ada event internasional, yaitu Superbike di bulan November (2021). Untuk itu Pulau Lombok juga akan didorong untuk vaksinasinya diakselerasi dan bapak Presiden meminta agar di bulan Oktober nanti akan diputuskan, terkait dengan jumlah penonton yang bisa menyaksikan,” katanya seperti dikutip dari Detik.com, Selasa 21 September 2021.

Beberapa waktu lalu, Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo menyebut balap WSBK bisa diselenggarakan di Sirkuit Mandalika. Bamsoet mengatakan sirkuit yang dibangun di pinggir pantai itu hampir rampung 100 persen.

“Kita mendorong penyelesaian sirkuit lebih cepat ternyata sudah selesai tinggal penyempurnaan saja,” ujar Bamsoet saat peresmian kantor baru pengurus pusat IMI di Kawasan Gelora Bung Karno, belum lama ini.

Bamsoet menjelaskan, pagelaran WSBK yang akan berlangsung pada November 2021 tinggal masalah bangunan penunjang seperti fasilitas kesehatan berstandar internasional.

“Kemarin hanya masalah di teknis kesehatan, tapi Kemenkes, rumah sakit swasta sudah menyanggupi untuk membangun rumah sakit untuk kepentingan para pebalap, persyaratan harus ada RS yang memadai sesuai dengan standar internasional FIM,” tutur Bamsoet.

Diberitakan sebelumnya, Direktur Eksekutif World Superbike (WSBK), Gregorio Lavilla, optimistis Sirkuit Mandalika bisa selesai pengerjaannya tepat waktu. Jika semua berjalan sesuai rencana, Indonesia diharapkan bisa menjadi tuan rumah WSBK pada 12-14 November mendatang.

Di laman resmi WSBK, Rabu (25/8) Lavilla mengatakan pengerjaan Sirkuit Mandalika terbilang cepat. Aspal trek Sirkuit Mandalika sepanjang 4,31 kilometer dengan 17 tikungan itu akhirnya selesai dikerjakan. Selain trek utama, sarana dan prasarana juga tengah dikebut guna mendukung digelarnya perhelatan WSBK. (*/Tad)

Ikuti juga kami di Google News Smart News