Perangi Covid-19, Malaysia Beri Peralatan Medis untuk Indonesia

Ilustrasi (Int)

KUALA LUMPUR – Otoritas Malaysia menyerahkan bantuan peralatan dan pasokan medis untuk Indonesia. Bantuan itu, untuk membantu Indonesia dalam memerangi Virus Corona atau Covid-19.

Seperti dilaporkan kantor berita Bernama dan dilansir The Star, Rabu (15/9/2021), Menteri Luar Negeri Malaysia, Saifuddin Abdullah, menyerahkan pasokan medis itu kepada Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, Hermono, di Pangkalan Udara Subang, Selangor, pada Rabu (15/9) waktu setempat.

Prosesi penyerahan itu, Saifuddin menyatakan bahwa inisiatif pasokan medis ini menjadi bukti hubungan kuat dan sangat baik antara Malaysia dan Indonesia.

Saifuddin menegaskan, kedua negara akan terus berkolaborasi secara erat dalam memerangi pandemi Covid-19.

“Meksipun Malaysia masih menghadapi pandemi COVID-19 dan kendala yang menyertainya, itu tidak menghentikan kami untuk membantu sesuai kemampuan kami,” kata Saifuddin seperti dikutip dari Detik.com.

Tidak hanya itu, dirinya juga mengatakan jika ditengah pandemi ini, pemerintah dituntut untuk tidak hanya mengatasi wabah Covid-19 di negara sendiri, namun juga perlu memperhatikan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Selain upaya dalam negeri kita untuk mengatasi wabah COVID-19, kita juga perlu melihat situasi dan kesejahteraan orang-orang di sekitar kita, termasuk tetangga kita,” imbuhnya dalam seremoni penyerahan pasokan medis itu.

Bantuan Malaysia untuk Indonesia ini terdiri atas kontainer tangki ISO dengan oksigen cair, konsentrator oksigen, obat-obatan terapeutik dan perlengkapan medis sekali pakai, yang semuanya akan dikirimkan dengan pesawat militer Angkatan Udara Malaysia (RMAF).

Disebutkan Saifuddin bahwa bantuan medis ini merupakan yang pertama dari beberapa batch yang akan dikirimkan secara bertahap ke Indonesia, yang diharapkan akan selesai pada akhir bulan ini.

Sementara itu, Dubes Hermono menyatakan pemerintah dan rakyat Indonesia sangat mengapresiasi bantuan yang diberikan pemerintah Malaysia.

“Kontribusi ini sangat berarti bagi kami. Meskipun Malaysia sedang berjuang melawan COVID-19, mereka juga memikirkan ‘saudara-saudara’ mereka di Indonesia untuk membantu memerangi pandemi ini, bersama,” ucap Dubes Hermono. (*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News