BudayaDaerahHeadline

Sanggar Petta Puang Juara 1 Lomba Tari Kreasi Festival Bumi La Maranginang

2
×

Sanggar Petta Puang Juara 1 Lomba Tari Kreasi Festival Bumi La Maranginang

Sebarkan artikel ini

Masamba, Smartnews – Sanggar Petta Puang berhasil meraih juara 1 lomba tari kreasi pada ajang Pesona Luwu Utara bertajuk Festival Bumi Lamaranginang. Mereka berhasil meraih skor tertinggi dengan nilai 1.928.

Tempat kedua diisi oleh Sanggar Lipu Maraninding dengan nilai 1.753 dan disusul Dinas Kesehatan di tempat ketiga dengan nilai 1.718.

Tari kreasi yang ditampilkan para peserta ini, Tari Empat Etnis, Tutu Bangollin, Sajo Lelen Bau Jaga Kuranjen, Tari Lima Rupa, dan Tari Sang Ri Petta.

Lomba ini digelar selama dua hari, di Panggung Kesenian Pelataran Cagar Budaya Onderafdeling Masamba dan diikuti tujuh kelompok sanggar tari.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Luwu Utara, Bulan Masagena mengatakan Lomba Tari Kreasi Pesona Budaya Tana Luwu ini sengaja diadakan dalam rangka melestarikan kebudayaan dan kesenian tari.

“Harapannya melalui lomba tari kreasi ini, kita semua tidak lupa dengan kesenian dan kebudayaan Indonesia khususnya yang berasal dari Tana Luwu,” ujar Bulan.

“Jadi semua pertunjukan peserta dinilai langsung oleh dewan juri, Yhugi Pratama Saputra sebagai Koreografer tari Mahasiswa Sendratasik Universitas Negeri Makassar, Hestiyani sebagai Guru Seni Tari juga Koreografer tari dan Purnawati Duri sebagai Guru Seni,” terangnya.

Salah seorang Dewan Juri, Yhugi Pratama Saputra mengatakan, kriteria penilaian meliputi konsep tari, koreografi, originalitas karya, teknik gerak atau wiraga, penjiwaan atau wirasa, wirama, busana dan tata rias serta properti.

“Untuk menentukan siapa yang juara memang cukup sulit, karena sedari awal sudah ada beberapa yang menonjol selebihnya di tingkat yang sama, makanya acuan kita sama kriteria penilaian yang sudah ditentukan,” kata Yhugi. (*)