DaerahPeristiwa

Terjebak Longsor, 135 Mahasiwa IAIN Palopo Dievakuasi

2
×

Terjebak Longsor, 135 Mahasiwa IAIN Palopo Dievakuasi

Sebarkan artikel ini

Luwu, Smartnews – Sebanyak 135 mahasiswa terdiri dari panitia bina akrab dan mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, dievakuasi dari objek wisata Andulan, Desa Siteba, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu, Sabtu 25 September 2021.

Mahasiswa yang tengah melaksanakan bina akrab sejak Selasa 21 September 2021 lalu itu, dievakuasi lantaran terjebak longsor yang menutupi jalan utama di wilayah tersebut.

Saat ditemukan, mereke kebanyakan mengalami dehidrasi, bahkan beberapa diantaranya sudah sangat lemas sehinggga harus digotong melewati medan yang terjal dan berlumpur menuju mobil ambulance.

Mereka dievakuasi relawan Kemanusiaan Luwu Raya bersama TNI (Koramil Walenrang), Patrack Palopo, dan Lamasi Trail Community, hingga petang tadi.

Tiga orang diantaranya dievakuasi ke Puskesmas Sabbang Selatan, untuk mendapat perawatan medis. Selebihnya dievakuasi ke Kantor Koramil Walenrang.

Demikian dikatakan salah seorang relawan, Suaib Laibe dalam liminasa akun media sosial pribadinya. “Mereka kelelahan dan sudah dievakuasi seluruhnya dalam keadaan selamat,” katanya.

Sebelum dirujuk menuju Puskesmas, para peserta yang telah hilang kesadaran langsung mendapatkan perawatan medis dari relawan Public Safety Center (PSC) 119 Palopo.

Saat ini, kondisi seluruh mahasiswa tersebut telah membaik dan sudah diijinkan kembali ke rumah masing-masing, sementara yang masih membutuhkan perawatan masih dalam penanganan medis.

Sebelumnya,  longsor yang terjadi pada Rabu  22 September 2021 lalu, menutup jalan utama  menuju objek wisata Andulan, Desa Siteba, Kecamatan Walenrang Utara, Kabupaten Luwu. (*/Tad)