Daerah

Tiap Hari, Sindy Jalan Kaki Dua Jam untuk ke Sekolah

4
×

Tiap Hari, Sindy Jalan Kaki Dua Jam untuk ke Sekolah

Sebarkan artikel ini

Belopa, Smartnews – Sindy tidak bisa menahan rasa haru yang menyelimutinya, air matanya terus menetes sesaat ia menerima sebuah sepeda lipat pemberian Bupati Luwu, Basmin Mattayang, di rumah jabatan Bupati Luwu, Rabu 29 September 2021.

Siswi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 2 Walenrang itu, tidak pernah menyangka pertemuan untuk yang kedua kalinya dengan orang nomor satu di Kabupaten Luwu itu membawa berkah tersendiri untuknya.

Sehari sebelumnya, ia mendapat tumpangan dari Bupati Luwu dua periode ketika dirinya tengah berjalan sepulang sekolah, di Desa Bolong, Kecamatan Walenrang Utara. “Tadi (Selasa siang.red) saya pulang dari sekolah, tiba-tiba ada mobil singgah, ternyata bapak bupati, beliau langsung mengajak saya naik di mobilnya,” kata Sindy.

Sindy yang awalnya canggung, kemudian memberanikan diri untuk bercengkrama dan menceritakan perjalanan hidupnya kepada Basmin Mattayang. “Awalnya takut karena pertama ki naik, tapi setelah bapak bupati cerita-cerita sama saya, senang sekali saya rasa,” tambah Sindy.

Tinggal bersama nenek membuat Sindy hidup sederhana di sebuah dusun bernama kampung baru. Ibunya telah tiada, sedang bapaknya telah memiliki rumah tangga baru. Hampir setiap hari ia berjalan kaki selama dua jam untuk menuju ke sekolah.

Semangatnya dalam menempuh pendidikan bukan tanpa sebab, Sindy berharap nantinya ia bisa menjadi abdi negara bergabung dengan Tentata Nasional Indonesia.

Berangkat dari kisah Sindy itu, Basmin Mattayang lalu mengundang Sindy ke Rumah Jabatan Bupati Luwu bersama anggota DPRD Kabupaten Luwu dari fraksi Golkar, Ruddin Sibutu (Tanaka) bersama camat Walenrang Utara.

Pada kesempatan itu, Bupati Luwu memberikan wejangannya kepada Sindy agar terus bersemangat menuntut ilmu. Ia juga berbagi cerita pengalaman serupa yang pernah Basmin alami semasa sekolah.

“Saya tau persis apa yang dirasakan Sindy, saya juga pernah alami yang seperti ini. Dulu juga waktu saya sekolah jalan dari cilallang sampai SMP 1 Belopa, belum ada kendaraan, jalanan masih berlumpur, itu masih tahun tujuhpuluan, jadi saya tau persis apa yang dirasakan Sindy,” cerita bupati dua priode tersebut.

Usai menerima sepeda dan sejumlah uang saku dari Bupati, Sindy kemudian dipersilahkan mengendarai sepeda di sekitaran rumah jabatan. Nampak kegembiraan itu tidak dapat ia sembunyikan. Ia kemudian mendoakan Bupati Luwu, semoga senantiasa diberi kesehatan

“Terimakasih Bapak Bupati, sudah lama saya mau sepeda, baru ji ini ada sepedaku. Semoga opu panjang umur, diberi kesehatan, dijauhkan dari musibah,” kata Sindy. (Rif)