Seragam Baru Satpam Warna Krem, Nitizen: Polisi India Versi Indonesia

Jakarta, Smartnews – Seragam baru Satpam kini warnanya tidak lagi sama dengan seragam Polisi. Seragam baru yang berwarna krem itu rencananya akan diperkenalkan pada HUT satpam ke-41 pada 2 Februari 2022.

Awalnya, seragam baru itu dijadwalkan diperkenalkan pada Senin, 31 Januari 2022, namun kemudian diundur. Kendati demikian, sebuah video yang menampakkan seragam baru Satpam ini telah beredar di media sosial.

Salah satunya diposting akun Instagram @lintas.patroli. Dalam postingannya, akun Instagram tersebut menyertakan video yang menunjukan seragam baru satpam yang tak lagi menyerupai seragam Korps Bhayangkara.

Videonya berisi ada banyak anggota satpam mengenakan seragam dengan warna baru yang tidak lagi coklat.

“Seragam Satuan pengaman (SATPAM) terbaru,” demikian bunyi postingan akun tersebut seperti dikutip, Minggu 30 Januari 2022.

Dalam video yang diposting nampak kalau warna seragam satpam sekarang adalah krem. Nampaknya video ini diambil saat pengenalan warna baru seragam satpam.

Postingan ini sendiri telah disukai lebih dari 337 kali. Kemudian, postingan juga telah dikomentari  37 kali.

“Polisi India versi Indonesia,” kata akun Instagram @andarsyah_89 yang mengomentari postingan tersebut.

“Satpam jadi kehilangan indentitas khas nya,” tulis akun Instagram @novankridaakbar.

Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan memastikan, seragam baru satpam diperkenalkan ke publik pada upacara HUT satpam.

Dia mengatakan satpam perlu memiliki identitas yang berbeda dengan Polri. Perbedaan identitas itu sebut Ramadhan agar masyarakat tidak bingung.

“Satpam sekarang menjadi profesi baru sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas perlu identitas yang berbeda dengan Polri selaku pembinanya dan seragam institusi lainnya,” katanya. (*)

Ikuti juga kami di Google News Smart News