DaerahRagam

Suhu Dingin di Toraja Capai 19 Derajat Celcius, Begini Penjelasan BMKG

36
×

Suhu Dingin di Toraja Capai 19 Derajat Celcius, Begini Penjelasan BMKG

Sebarkan artikel ini
Tangkapan layar prediksi cuaca Tana Toraja

Makale, Smartnews – Sejak beberapa hari terakhir, masyarakat Tana Toraja dan Toraja Utara, Sulawesi Selatan, merasakan suhu yang lebih dingin, jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

Dilansir dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu dingin di wilayah tersebut mencapai 19 derajat celcius.

“Tidak seperti biasnaya, sudah 4 hari ini suhu di Toraja dingin sekali, apalagi kalau malam,” kata salah seorang warga, Alex kepada awak media, Rabu 22 Juni 2022.

Ia menjelaskan,  kondisi ini juga dibarengi hujan. Hujan kata dia, terjadi pada sore dan malam hari. “Biasa ji begini, apalagi kalau di Toraja, tapi tidak sedingin ini,” katanya.

Staf Forecaster Stasiun Meteorologi Toraja, Alfaridzi menjelaskan, cuaca dingin ini diakibatkan oleh angin yang berhembus dari Australia menuju Indonesia atau angin monsun Australia.

“Australia saat ini sedang memasuki musim dingin, ditambah dengan luasnya gurun di wilayah Australia menyebabkan udara yang terbawa dominan kering dan dingin,” jelasnya saat dikonfirmasi terpisah.