10 Tips Hidup Sehat yang Sederhana dan Mudah

Ilustrasi

Smartnews – Hidup sehat mempunyai banyak manfaat terhadap ketahanan tubuh serta menjaga berat badan dan menambah energi. Kendati demikian, cara hidup sehat bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan.

Hidup sehat dapat didapatkan dari kebiasaan pola hidup dan pola makan yang sehat. Bukan hanya mengkonsumsi makanan sehat setiap hari, namun penting juga untuk mengelola stres, olahraga, meminimalkan kebiasaan buruk dan menjaga kualitas tidur.

Dilansir dari laman Doktersehat.com, berikut 10 Tips Hidup Sehat Sederhana dan Mudah:

1. Makan Sehat dan Diet Seimbang

Kunci utama hidup sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi harian. Nutrisi dalam tubuh berguna agar tubuh dapat tumbuh dan berkembang serta menjalankan fungsinya dengan maksimal. Apabila fungsi organ tubuh normal, maka risiko penyakit kronis pun menurun.

Setidaknya, tubuh membutuhkan 40 nutrisi berbeda yang tidak didapatkan hanya dengan satu jenis makanan. Anda dianjurkan untuk makan kombinasi sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak sehat, dan asam lemak omega-3.

Jika Anda memiliki kebiasaan pola makan yang tidak sehat, sepertinya Anda perlu mendata semua makanan yang dikonsumsi setiap hari. Batasi asupan makanan tidak sehat seperti makanan olahan, junk food, makanan berlemak, daging merah, minuman manis, lemak trans, dan kelebihan natrium.

2. Mengatur Jadwal dan Porsi Makan

Setelah Anda sudah berkomitmen untuk mengonsumsi makanan sehat, selanjutnya Anda harus mengontrol porsi makan dan jadwal makan yang teratur. Sebagai contoh, jangan makan berlebihan. Mengatur porsi makan akan membantu Anda untuk membatasi asupan kalori harian.

Berikut ini beberapa tips untuk mengontrol porsi makan Anda:

  • Gunakan piring yang lebih kecil.
  • Hitung kalori makanan sebelum mengonsumsinya. Total jumlah kalori harian yang dianjurkan adalah 2.000 kalori untuk wanita dan 2.500 untuk pria.
  • Contoh porsi yang sesuai adalah 100 g daging, sepotong buah ukuran sedang, dan setengah cangkir pasta.
  • Bila makan di luar, Anda dapat berbagi porsi dengan teman Anda.

Sementara itu, berikut ini jadwal makan yang dianjurkan:

  • Sarapan sekitar 7-8 pagi. Makan siang sekitar jam 11-12 siang.
  • Makan malam sekitar jam 6 sore atau setidaknya 3 jam sebelum tidur.
  • Bila masih lapar, Anda dapat makan cemilan sehat seperti smoothie, buah pisang atau apel, kacang-kacangan, atau yogurt.

3. Olahraga Secara Teratur

Hidup sehat yang sering kali dilewatkan oleh masyarakat yang tinggal di kota besar adalah olahraga. Olahraga dengan cara yang benar dan waktu yang tepat dapat melancarkan peredaran darah, menguatkan otot dan tulang, membakar kalori, menambah energi, serta membuat fisik dan mental menjadi sehat.

Pakar kesehatan menyarankan untuk berolahraga dengan durasi total minimal 150 menit tiap minggu. Anda dapat memilih jenis latihan ringan seperti jalan kaki, joging, lari santai, atau naik tangga daripada naik lift. Setelah sudah terbiasa, Anda dapat melakukan latihan lain seperti squat, lunge, push-up, plank, dll.

Ikuti juga kami di Google News Smart News