Desa Rinding Allo Wakili Luwu Utara dalam Lomba Promosi Desa Wisata

Masamba, Smartnews – Desa Rinding Allo, Kecamatan Rongkong, menjadi wakil Kabupaten Luwu Utara dalam lomba Promosi Desa Wisata, dengan hadiah Rp 1 Miliar.

Lomba ini dilaksanakan, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) melalui Badan Pengembangan dan Informasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Luwu Utara, Misbah mengatakan, penentuan lomba tersebut dilakukan melalui aplikasi Playstore.

“Lomba ini sudah dimulai bulan Januari sampai Juni untuk gelombang pertama. Sementara gelombang kedua dimulai pada Juli – Desember 2022, dengan total hadiah Rp1 Miliar,” kata Misbah.

Misbah mengatakan, nama desa yang ditunjuk mengikuti lomba terlebih dahulu dikirim melalui WhatssApp Grup (WAG) “Sapa Desa” untuk kemudian mendapatkan bimbingan teknis melalui aplikasi zoom “Sapa Desa.” Setelah itu, lanjut dia, desa yang ditunjuk didaftarkan ke alamat website resmi Kemendes PDTT, yaitu http://desawisata.kemendes.go.id.

“Setelah didaftar, kita harus upload lima foto menarik beserta penjelasan promotifnya ke alamat desawisata.kemendes.go.id. Setiap foto harus ada penjelasan promotifnya,” terang Misbah.

Setelah terdaftar bersama lima foto paling menarik dari desa wisata, maka kewajiban masyarakat untuk me-like dan men-share untuk mendapatkan like terbanyak.

Karena, kata dia, penentuan juara 1 – 30 adalah yang mampu mendapat like terbanyak. “Yang mendapat hadiah uang itu mulai juara 1 – 30 yang paling banyak mendapatkan like and share ,” jelasnya.

Sebenarnya, lanjut Misbah, bukan persoalan hadiah yang utama, tapi paling penting bagaimana desa Rinding Allo dapat dikenal di seluruh wilayah Indonesia.

“Sebenarnya bukan persoalan hadiah, tapi lebih kepada bahwa kita punya kesempatan besar untuk men-share potensi wisata kita ke seluruh Indonesia, sehingga dikenal dan dikunjungi oleh seluruh masyarakat Indonesia,” imbuh Misbah.

“Kita harap ASN dan keluarga, serta seluruh masyarakat bisa memberi sumbangsih melalui like and share di media sosial,” pungkasnya.

Ikuti juga kami di Google News Smart News